Zainul Abidin Zainul Abidin Author
Title: Desa Saroka, Berpotensi Sebagai Pusat Jajanan Sumenep
Author: Zainul Abidin
Rating 5 of 5 Des:
     Bapak Khadari Pengusaha Kripik Desa Saroka merupakan salah satu Desa yang ada di Kecamatan Saronggi Sumenep yang memiliki...

    
Bapak Khadari Pengusaha Kripik
Desa Saroka merupakan salah satu Desa yang ada di Kecamatan Saronggi Sumenep yang memiliki banyak home industri jajanan tradisional. Banyaknya home industri jajanan tradisional ini menjadikan potensi besar bagi Desa Saroka untuk menjadi pusat jajanan di Kabupaten Sumenep. 
    Selain berkebun dan menjadi pegawai negeri, kebanyakan masyarakat Desa Saroka memang membuat jajanan tradisional dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Tak hanya itu, pola pikir yang kreatif dan ulet serta tersedianya sumberdaya alam pun mendukung potensi Desa Saroka menjadi pusat oleh-oleh jajanan Sumenep.
Keripik Sukun
     Terlepas dari faktor internal, potensi ini didukung dengan gencarnya pemerintah Kabupaten Sumenep dalam mengembangkan objek pariwisatanya. Perkembangan kunjungan wisata Sumenep berpotensi akan memacu permintaan akan oleh-oleh jajanan khas, sehingga hal ini menjadi peluang besar bagi Desa Saroka sebagai pusat jajanan khas Sumenep.
    Beragam produk jajanan yang ada di Desa Saroka tak dapat diremehkan, secara kualitas dan cita rasanya tak dapat dikalahkan daerah sekitarnya. Berbagai produk jajanan yang ada, diantaranya yaitu, keripik kepeng, peyek, keripik sukun, keripik pisang, keripik talas, getas, cendol dan lain sebagainya.
Proses Pembuatan Kripik
    Namun selain potensi dan peluang yang ada, dalam mewujudkan pusat jajanan Sumenep, Desa Saroka terkendala pada pengemasan dan pemasaran yang baik. Pasalnya setiap produk jajanan di Desa Saroka tidak ada yang memiliki izin dari kementrian perdagangan, serta pengemasan produk yang masih sangat sederhana jauh dari standart. Selain itu kurangnya koordinasi antar warga dan dukungan dari berbagai kalangan menjadi kelemahan tersendiri dalam mewujudkan hal tersebut.
    Masyarakat mengaku enggan dan berpikir susahnya mengurus izin dari kementrian terkait, waktu dan rumitnya administrasi bagi mereka menjadi kendala terbesar dalam hal tersebut. Harapan kedepannya potensi ini difasilitasi dan didukung dari berbagai pihak sehingga Desa Saroka dapat menjadi pusat oleh-oleh jajanan Sumenep. (Han/35)

About Author

Advertisement

Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

 
Top