Zainul Abidin Zainul Abidin Author
Title: Saroka Berpotensi Menjadi Desa Tujuan Wisata
Author: Zainul Abidin
Rating 5 of 5 Des:
Terletak di ujung timur pulau Madura bukan menjadikan Kabupaten Sumenep terasingkan dari wilayah luar, melainkan posisi ini menjadi t...


Terletak di ujung timur pulau Madura bukan menjadikan Kabupaten Sumenep terasingkan dari wilayah luar, melainkan posisi ini menjadi tempat yang strategis untuk dikunjungi, terlebih tentang wisata alamnya. Begitupun dengan Desa Saroka di Kecamatan Saronggi, yang memiliki potesi wisata alam yang elegan.

Desa yang terletak diketinggian lima ratus meter diatas permukaan air laut ini memiliki sumber daya alam berupa sumber mata air yang bersih dan jernih, hal ini menjadi sebuah potensi besar bagi Desa Saroka sebagai desa tujuan wisata. Selain sumber mata air yang bersih dan jernih, Desa Saroka juga memiliki potensi wisata hutan bambu seperti yang ada di Surabaya.

Terlepas dari potensi pariwisata yang ada, letak Desa Saroka yang tidak jauh dari kota juga menambah peluang besar pengembangan potensi ini. Namun sampai saat ini potensi tersebut belum tersentuh rencana yang mengarah pada hal itu, sehingga potensi tersebut terbengkalai dan hanya dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai tempat pemandian umum saja. Padahal potensi sumber mata air yang bersih dan jernih itu bisa dijadikan pariwisata ikan terapi, edukasi atau pemandian. 
Namun selain potensi dan peluang yang ada, dalam mewujudkan Desa Saroka sebagai desa tujuan wisata mendapati banyak kendala. Diantaranya yaitu tentang tingkat kesadaran masyarakat yang minim, adat, dan biaya pembangunan. Oleh karena itu harapan kedepanya pemerintah Kabupaten Sumenep turut andil dalam mewujudkan Desa Saroka sebagai desa tujuan wisata. (Han/35)

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top