Zainul Abidin Zainul Abidin Author
Title: Sosialisasi Strategi Pemasaran Rumah Industri di Desa Saroka
Author: Zainul Abidin
Rating 5 of 5 Des:
Desa Saroka merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Secara umum berdasarkan hasil observasi, de...
Desa Saroka merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Secara umum berdasarkan hasil observasi, desa Saroka memiliki potensi yaitu diantaranya usaha mikro menengah. Desa tersebut terdapat berbagai macam kegiatan masyarakat di bidang produksi sebagai contoh produksi rumahan. Salah satu produksi rumahan yang ada di Desa Saroka adalah keripik singkong, keripik pisang, keripik saga, keripik sukun dan lain sebagainya. Keripik merupakan salah satu produk makanan ringan yang banyak digemari konsumen. Usaha Kripik yang di lakukan oleh masyarakat di Desa Saroka masih di lakukan secara konvensioanal dan mandiri. Usaha kripik yang masih di lakukan secara konvensional menyebabkan kapasitas produksi rendah. Kripik yang di hasilkan di jual secara murah dengan menggunakan kantong plastik sebagai wadah sehingga harga jualnya menjadi rendah.
Pelatihan pengemasan dan pemasara kripik juga perlu di lakukan untuk menunjang produksi tersebut agar kualitas dan kuantitasnya bisa bersaing dengan hasil produksi di tempat lain. Kelompok 35 KKN Tematik Univeritas Trunojoyo Madura menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pengemasan dan strategi pemasaran rumah industri di desa Saroka dengan tujuan agar masyarakat yang memproduksi dapat memperoleh wawasan dan keterampilan mengenai strategi marketing di bidang produksi keripik sehingga akan menciptakan produk yang lebih menarik dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Sosialisasi berlangsung selama 2 jam yang terdiri dari sesi pemaparan materi dan sesi diskusi dengan dihadiri oleh 55 orang peserta terdiri dari ibu-ibu PKK dan masyarakat yang memproduksi produk rumah industri.
Kegiatan di buka langsung oleh saudari Alvi sebagai Mc yang merupakan anggota KKN Tematik 35 UTM. Pemaparan materi Sosialisai pengemasan dan strategi pemasaran secara rinci di jelaskan oleh bapak Fathur Rosi selaku Dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Trunojoyo Madura. Kegiatan tersebut bertempat di kediaman bapak Yudo Amujaid selaku kepala Desa Saroka kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Pada sesi ini, seluruh peserta dapat berpartisipasi aktif dalam menanggapi materi yang di paparkan oleh pemateri. Peserta sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan mulai dari awal acara sampai akhir acara. Peserta mendengarkan materi yang di sampaikan oleh pemateri dengan baik dalam keadaan serius. Harapannya semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa Saroka yang memproduksi rumah industri terutama dalam hal pengemasan dan pemasaran.

About Author

Advertisement

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top